Tari Sufi dan Puisi BAANAR Warnai Program “POS KHAMLING RA” Di Omben

  • Whatsapp
banner 468x60

Sampang, Ansor – Semangat kegiatan di bulan Ramadhan 1442 Hijriyah, Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (MDS RA) PC GP Ansor kabupaten Sampang, adakan Program Pos Khamling RA (Poasa Khataman Keliling Rijalul Ansor) pada Kamis (22/04/2021) malam.

Kegiatan yang diikuti puluhan kader Ansor Banser tersebut sudah memasuki putaran ke enam (6), yang dilaksanakan di PAC GP Ansor Kecamatan Omben tepatnya di desa Jranguan, dengan mengusung tema Poasah Khataman Keliling Rijalul Ansor (POS KHAMLING RA) kegiatan tersebut merupakan program dari MDS Rijalul Ansor selaku badan semi otonom PC GP Ansor Sampang,untuk mengisi di bulan Ramadhan dengan giat keliling di 15 PAC GP Ansor se – kabupaten Sampang.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Pada kegiatan putaran ke 6 tersebut ada suguhan yang sangat menarik yaitu tarian Sufi dengan di iringi tim hadrah pemuda Jranguan, juga tak mau kalah dari anggota Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) sahabat Ramli Muhammad menyumbangkan sebuah curahan rintihan hati yang di sajikan melalui lantunan Puisi tentang sebuah pengapdian terhadap NU dan Negara.

Sahabat Gus Ali Mahrus selaku ketua MDS Rijalul Ansor PC GP Ansor Sampang, menyampaikan, asal muasal dari tarian sufi dengan menjelaskan bahwa tarian sufi tersebut di ciptakan oleh jalaluddin rumi berawal dari sebuah kisah dari seorang sahabat nabi,dia menyampaikan bahwa tarian tersebut bukan Bid’ah.

” Tarian sufi ini ada asal muasalnya yang sudah hadir sejak abad ke-13. Tarian ini dilakukan pertama kali oleh seorang penyair asal Persia bernama Maulana Jalaluddin Rumi yang terinspirasi dari kisah seorang Sahabat Nabi, jadi saya tekankan bahwa tarian sufi ini tidak boleh lagi ada orang yeng mengatakan Bid’ah, karna tarian ini kita berbicara bukan copi paste dari timur tengahnya melaikan kita berbicara cinta terhadap baginda nabi dengan melihat sejarah dari sebuah kisah sahabat nabi yang cinta terhadap beginda nabi,” Tegasnya.

Lebih lanjut Gus Ali Mahrus menyampaikan, dalam sambutannya,bahwa kegiatan POS KHAMLING RA tersebut yang merupakan dari agenda wajibnya adalah khotmil qur’an dan pembacaan burdah yang di kemas dengan ala milenial.

” Tujuan MDS rijalul ansor mengadakan khotmil qur’an ini bukan berdasarkan individu melaikan atas nama organisasi gp ansor,karena fakta yang ada sekarang majelis taderus makin kalah dengan majelis ngopi,jadi harapan kami dengan kegiatan ini supaya kedepan para pemuda ansor bisa menjadi pelopor bagi kalangan milenial untuk lebih mencintai al qur’an,” Katanya.

Ketua PAC GP Ansor Omben Sahabat Gus Rokib Romli sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini kami bisa bersilaturahmi dengan pimpinan MDS rijalul ansor PC GP Ansor sampang, juga dengan pengurus ranting ranting GP Ansor se Kecamatan Omben.

” Alhamdulillah, kami sangat senang dan berterima kasih karena telah di kunjungi pimpinan Ansor cabang,karena adanya kegiatan ini kami juga bisa bersilaturahmi dengan para pengurus ranting se kecamatan omben setelah lumayan lama tidak adanya kegiatan,semoga kedepan pac gp ansor omben bisa juga menerapkan kegiatan seperti ini di tiap tiap ranting sekecamatan omben,” ucapnya.

di tempat yang sama KepalanDesa Jranguan H. Mustofa menyampaikan kegiatan seperti ini sangat kreatif dan inovatif juga bermamfaat dalam menambah amal ibadah di bulan ramadhan.

” Kami atas nama pemerintah desa jranguan sangat berterima kasih karena telah di pilih menjadi tuan rumah adanya kegiatan ini,kami sangat mensupport kegiatan seperti ini,yang kreativ,inovatif dan menambah amal ibadah di bulan ramadhan ini,” tutupnya.

Turut hLhadir dalam kegiatan acara tersebut, Sekretaris PC GP Ansor Sampang Gus Amien Syafi’, Wak Bendahara PC GP Ansor Sampang Sahabat Fadol, Sekretaris IX PC GP Ansor Sampang Sahabat Ucup, KASATKORYON BANSER OMBEN Raden Abdul Basid, Ketua MDS RIJALUL Ansor Omben Sahabat Mahbub Baidlowi, dan Kepala Desa Jranguan H. Mustofa.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.