Tak Hanya Bisa PAM, Juga Banser Sampang Pandai Baca Kitab Kuning

  • Whatsapp
banner 468x60

Sampang, Ansor – Dalam Kegiatan Poasa Khataman Keliling Rijalul Ansor (Pos Khamling RA), Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (MDS RA) PC GP Ansor Sampang, di PAC GP Ansor Sreseh, juga mengadakan Ngaji Kitab Kuning yaitu Kitab Fathul Qorib bab Zakat.

Uniknya dalam kegiatan tersebut, yang membacakan Kitab tersebut, adalah Banser, yaitu Kasatkoryon Banser Kedungdung Sampang Sahabat Syamsul, dengan lancarnya juga memaknai arti perkalimat di dalam kitab tersebut.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Awalnya, Banser tersebut, enggan untuk membaca kitab, karena saat acara, Ketua MDS RA PC GP Ansor Sampang Sahabat Gus Ali Mahrus, menginstruksikan, maka tidak mau tidak, Komandan Syamsul (Sapaan Akrab Kasatkoryon Banser Kedungdung) menjalankan Instruksi tersebut.

“ Kita semua santri, Ansor – Banser hanya kenal satu instruksi, yaitu satu komando, maka saya perintahkan Kasatkoryon Banser Kedungdung untuk membacakan Kitab Fathul Qorib, agar Banser tidak hanya dilihat pintas PAM tetapi juga bisa baca kitab “. Saat sambutan Sahabat Gus Ali Mahrus.

Komandan Syamsul, saat giliran membaca kitab, dia meminta izin kepada Para Kiai dan Pimpinan Cabang GP Ansor Sampang, dengan gaya khasnya yang nyentrik, dia sempatkan membanyol, kata dia, Banser selalu tidak dipercaya, saat dirinya baca Quran saja tidak percaya apa lagi membaca kitab kuning tampa aksara.

“ Karena ini instruksi, mau tidak mau saya harus membacanya, izin Para Kiai dan Pimpinan, saya hanya membacanya saja, jangan niat ngaji ke saya ia, banser ini selalu dibuli, berbuat baik ia dibuli, apalagi sebaliknya, saat saya tadi membaca Al Quran saja banyak yang tidak percaya apalagi baca kitab “. Katanya.

Dengan mahir Komandan Syamsul membaca Kitab Fathul Qorib, bahkan menerangkan isi dari bab Zakat tersebut, sehingga para Sahabat Ansor – Banser Sreseh yang hadir terkesima, ternyata Komandan Syamsul merupakan Alumni dari Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri, satu Alumni dengan KH. Mushoddaq Kholili yang hadir dalam kegiatan tersebut, dan Sahabat Gus Ali Mahrus.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.