Sejarah Adipati Mertosari Terlupakan, Lora Najmuddin: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa!

  • Whatsapp
banner 468x60

Ansor Sampang Kota – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Sampang menggelar Istighotsah Kebangsaan tepatnya di Makam Adipati Pangeran Mertosari, Kelurahan Karang Dalem, Sampang, Selasa Malam (16/7).

Kegiatan yang dilatar-belakangi oleh keinginan kader Ansor Sampang Kota untuk terus menggali sejarah kepemimpinan di Kabupaten Sampang tersebut, dihadiri jajaran Pengurus PAC dan seluruh ranting Se-Kecamatan Sampang.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Ketua PAC Ansor Sampang Kota, Najmuddin Aunur Rofiq mengatakan bahwa peran Adipati Mertosari sebagai salah satu pemimpin terakhir Kerajaan Sampang yang memperjuangkan kerajaannya sampai mati, merupakan tindakan yang patut ditiru.

Disisi lain, menurut pria yang akrab disapa Lora Najmi itu, Adipati Mertosari merupakan seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Pihaknya menilai pemuda saat ini harus mengingat semua jejak-jejak sejarah yang ada di Kabupaten Sampang.

“Di malam Hari Kemerdekaan ini, kita mengadakan Istighotsah Kebangsaan dengan ziarah ke makam pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu Adipati Mertosari. Mertosari merupakan pemimpin terakhir Sampang yang patut ditiru dalam segi memperjuangkan harga dirinya. Makanya sebagai pemuda kita perlu untuk terus belajar sejarah,” kata Najmuddin saat memberikan sambutan.

Sementara itu, salah satu juru kunci makam Adipati Mertosari yaitu Ali, pihaknya sangat mengapresiasi acara yang digelar oleh PAC Sampang Kota. Dirinya menilai sekarang banyak pemuda yang kurang mengerti akan sejarah di Kabupaten Sampang, terlebih sejarah tentang Adipati Mertosari.

Ali juga menambahkan bahwa Adipati Mertosari tersebut, merupakan salah satu pemimpin yang banyak dilupakan oleh pemuda. Oleh karenanya, pihaknya mengharap kedepan kegiatan untuk menggali sejarah Sampang, terus dilakukan khususnya oleh para pemuda.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih sejarah Adipati Mertosari ini banyak yang kurang paham. Makanya saya mengharap kedepan para pemuda harus terus belajar tentang sejarah yang ada di Sampang,” tutup Ali.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.